Thursday, March 26, 2020

Tanya Dokter Kulit: Inilah Bahan Bahaya dalam Lotion dan Make Up Mata

Tanya Dokter Kulit

Dokter kulit merupakan dokter yang memiliki peran dalam mengobati dan menangani kondisi penyakit kulit. Tanya dokter kulit di Halodoc akan membantu pasiennya mengetahui masalah-masalah kulit. Dapat juga bertanya mengenai body lotion yang aman untuk kulit karena saat ini banyak sekali masalah kulit yang muncul karena banyaknya lotion pemutih instan dengan hasil yang cepat namun dalam beberapa waktu memunculkan masalah pada kulit.

Berikut adalah kandungan dalam body lotion yang tidak baik:

BHA atau butylated hydroxyanisole dengan fungsi sebagai fungsi wewangian, pestabil, pengawet dan antioksidan dalam kosmetik, jika dijadikan bahan body lotion akan mengganggu endokrin yang mengandung zat karsinogenik penyebab kanker kulit.
DMD hydantoin merupakan kandungan pengawet dalam kosmetik pada gel rambut, lem bulu mata, cat kuku dan lainnya, mampu memberikan iritasi pada mata dan kulit penyebab munculnya ruam, apabila terdapat DMD maka terdapat kandungan formaldehid penyebab alergi kulit dan kanker.
Diethyl phthalate yang menjadi wewangian sintetis, racun untuk sistem endokrin pada tubuh, mampu memancarkan VOC yang dapat mencemari udara serta menguap dan menjadi penyebab seseorang mengalami asma dan alergi.
Retinil plamitat merupakan turunan vitamin A untuk tabir surya, jika menggunakan bahan ini sebaiknya pada malam hari sehingga akan mengurangi resiko kanker yang terjadi.
Triethanolamine merupakan bahan kimia yang tidak dapat digunakan untuk waktu yang lama karena bersifat basa dan akan meracuni imun tubuh manusia.

Banyaknya pengguna body lotion dikarenakan mampu menjaga kelembapan kulit dengan baik dan ketika cuaca dingin akan melindungi kulit mengunci tingkat kelembapan pada kulit. Lotion akan mampu melawan penuaan pada kulit manusia dan menjaga elastisitas sehingga tidak mudah menggendut sebelum waktunya atau menjaga kekencangan kulit. Lotion juga berperan untuk memberikan rasa rileks pada tubuh, aroma body lotion akan memberikan kenyamanan dan menenangkan untuk orang sekitar. Lotion juga dapat memperbaiki kondisi kulit yang sedang kering sehingga lebih halus dan lembut.

Selain body lotion terdapat body cream yang lebih terasa padat dan lengket karena memiliki campuran minyak dan air yang cukup tinggi. Body cream dapat meningkatkan kelembapan kulit ketika berada di udara dingin dan melembabkan kulit dengan baik karena formulanya akan menghidrasi kulit. Body cream dapat digunakan saat malam hari karena jika siang hari akan memberikan ketidaknyamanan karena mudah lengket. Selain itu, ada jenis body butter dengan tekstur kental dan biasanya digunakan untuk lotion malam hari sehingga kulit lebih siap untuk pagi hari.

Berikut adalah beberapa bahan kimia pada make up mata:

Karbon hitam untuk pewarna dan penguat dapat memberikan efek karsinogen, kontak langsung pada kulit dan paparan kronis akan mengganggu paru-paru.
Kelompok etalomina yang digunakan pada eye shadow, eye liner maupun maskara penyebab kanker hati dan kanker rongga hidung.
BAK atau benzalkonium kloruda sering digunakan untuk antiseptik, desinfektan dan deterjen terkadang digunakan untuk pengawet eyeliner yang menyebabkan agen racun pada kekebalan tubuh.

Tanya dokter kulit menjelaskan bahwa jenis bahan retinyl acetate yang dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan kanker. Titanium dioksida yang mudah terhirup dan menumpuk pada bagian paru-paru dan merusak DNA biasanya digunakan untuk bedak tabur atau krim. Talc merupakan kandungan yang menyebabkan adanya gangguan pernapasan dan biasanya berupa bubuk pada eyeshadow yang menyebabkan abses.

0 komentar

Post a Comment