Friday, March 6, 2020

Manfaat Cokelat Untuk Tubuh Manusia

Siapa bilang cokelat cuman bisa bikin gendut, ternyata cokelat seperti cokelat Hershey Kisses atau dark cokelat juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Hershey Kisses

Manfaat coklat untuk kesehatan salah satunya adalah karena coklat mengandung senyawa antioksidan bernama flavonoid. Coklat berasal dari tanaman kakao, dan kakao kaya akan flavanoloid. Kedengarannya memang cukup sederhana, tetapi mengkonsumsi beberapa jenis coklat dengan kandungan flavonoid ini, diduga dapat mempengaruhi kesehatan sistem tubuh, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Meningkatkan Produksi Insulin
Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian penelitian ini menunjukkan hasil, bahwa resistensi insulin (faktor risiko untuk diabetes) secara signifikan menurun terhadap mereka yang makan dark chocolate. Jadi manfaat coklat bisa juga untuk meningkatkan insulin.

2. Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah
Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan dark chocolate. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Coklat bermanfaat sebagai antioksidan.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Peneliti di John Hopkins School of Medicine membuat sebuah penelitian. Dalam penelitian tersebut, dark chocolate bermanfaat mengurangi resiko serangan jantung hampir sekitar 50%, ucap Diane Becker, MPH, ScD. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah menjadi lebih lambat terhadap orang dengan konsumsi cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

4. Memperbaiki otot lebih cepat   
Setelah berolahraga, jangan lupa minum atau makan cokelat, karena disebut dapat memulihkan tubuh lebih cepat, terutama pada bagian otot. Kurang percaya? Sebuah studi dari University of Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan--bukan minuman olahraga berbasis karbohidrat atau minuman bebas kalori--mengalami pemulihan lebih cepat.

5. Meningkatkan kemampuan otak   
Kalau Kamu mulai sering lupa, coba konsumsi cokelat. Sebuah studi tahun 2014 menemukan orang dewasa yang mengonsumsi suplemen kakao tinggi flavanoid selama tiga bulan tampil lebih baik dalam tes memori dibandingkan peserta yang mengonsumsi suplemen kakao rendah flavanoid. Selain itu, sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa daerah dengan konsumsi cokelat paling tinggi memiliki lebih banyak warga yang menerima Hadiah Nobel.

6. Mengurangi Kadar kolesterol
Kolesterol tinggi memang berbahaya bagi tubuh. Nggak heran bila banyak orang yang mulai membatasi konsumsi daging, seafood dan jeroan untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat. Tenang saja, konsumsi cokelat hitam nyatanya telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Di samping itu, makanan ini juga berpotensi menurunkan resiko penyakit karidovaskular.

7. Mencegah diabetes
Kandungan gula yang tinggi membuat cokelat dianggap sebagai cemilan yang nggak sehat. Bukan hanya menumpuk kalori, makanan ini juga dapat merusak gigi! Walaupun terdengar nggak masuk akal, tetapi kakao terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun bukan cokelat susu, kamu tentu harus mengonsumsi cokelat hitam dengan takaran yang pas. Mengonsumsinya secara teratur dianggap dapat menghambat obesitas.

Itulah tadi beberapa manfaat yag bisa didapatkan dengan mengkomsumsi cokelat, namun jagan salah kaprah untuk mendapatkan berbagai manfaat seperti diatas, mengkonsumsi cokleta juga jangan sampai berlebihan yaaa!

0 komentar

Post a Comment