Monday, December 2, 2019

Fakta-Fakta Bir Hitam Yang Mungkin Kalian Ketahui

Guness Stout

Bir merupakan salah satu minuman fermentasi yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain karena harganya jauh lebih terjangkau daripada whisky atau tequila, bir memiliki citarasa pahit yang khas. Jika konsumen menginginkan rasa pahit yang lebih intens maka bir hitam patut masuk pilihan.

Salah satu merk bir terkenal yang mempunyai bir hitam paling popular di Dunia adalah Guinness dengan Guinness Stout atau bir hitam yang menjadi produk anadalannya. Ada bebetapa fakta tentang bir hitam yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat, diantaranya adalah:

1. Bir Hitam Ternyata Lebih Sehat
Journal of Science of Food and Agriculture pernah menerbitkan sebuah riset yang menjelaskan bahwa bir hitam mempunyai kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan light beer. Bir hitam juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh.

2. Bir Hitam Tidak Melulu Berarti "Berat"
Banyak yang mengira kalau bir hitam ini mengandung alkohol, kalori, dan gula yang lebih tinggi. Padahal, warna dari bir ini tergantung dari waktu pemanggangan gandum. Semakin lama waktu pemanggannya maka akan semakin hitam. Jadi tidak semua bir hitam mengandung kalori yang lebih tinggi.

3. Vegan Friendly
Pada pertengahan tahun 2017, Guinness mengumumkan merilis produk bir hitam untuk para vegan. Hal ini diawali dari dihentikannya penggunaan isinglass, yakni bahan gelatin yang terbuat dari gelembung renang ikan, dalam proses pentapisan (filtering). Langkah Guinness ini mendahului produsen bir lain seperti Foster’s, Carling dan Kronenbourg yang belum mengganti posisi isinglass dalam proses penapisan. Bir ramah vegan dari Guinness  sudah mulai dipasarkan sejak pertengahan tahun 2017.

4. Jamuan Saat Perayaan
Dalam tradisi Eropa, bir hitam adalah salah satu sajian yang wajib ada di meja makan saat hari penting keagamaan, terutama St. Paddy’s Day dan Saint Patrick’s Day. Bir hitam yang biasa disajikan adalah merek Guinness dengan gelasnya yang khas berbentuk mirip dengan bunga tulip.

Itulah beberapa fakta menarik yang mungkin saja belum kalian ketahui, Memang di Indonesia sendiri meminum bir menjadi kegiatan yang tabu karena banyaknya masyarakat yang menganggaps meminum bir bisa merusak kesehatan tubuh.

Namun sejak dahulu kala para peneliti sudah banyak mengungkapkan mengkomsumsi bir dengan dosis yang tidak berlebihan ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

0 komentar

Post a Comment