Sunday, November 3, 2019

Bahaya Blind Spot Pada Mobil

Blind Spot

Menurut data National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Di Amerika Serikat, lebih dari 300 orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat blind spot dalam kecelakaan kendaraan bermotor.

Lalu apa sih sebenarnya blind spot itu?, Secara sederhana, blind spot yang juga banyak disebut no zone ini diartikan sebagai bagian dari sekeliling yang tidak bisa terlihat pada saat Anda mengemudikan mobil, motor, truk, hingga bus. Blind spot dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya Dimensi kendaraan. Semakin besar dimensi kendaraan seperti truck, maka semakin besar area blind spot. Sebaliknya semakin kecil mobilnya, maka semakin kecil juga area blind spotnya.

Selain itu Kurangnya perhatian pengendara terhadap lingkungan sekitar dan Jangkauan spion yang terbatas juga menjadi penyebab adanya area blind spot. Muatan kabin yang bertumpuk juga bisa menimbulkan blind spot ke area belakang.

Umumnya produsen kendaraan sudah memperhitungkan blind spot yang akan dialami oleh pengemudi. Bahkan beberapa mobil masa kini sudah disematkan fitur yang membantu pengemudi mengurangi blind spot. Di BMW disebut dengan Active Blind spot Detection atau di Peugeot 206 disebut dengan Blind spot Monitoring System. Meski berbeda nama tapi fungsinya tetap sama.

Tapi tetap saja pengemudi harus waspada dan terus memperhatikan keadaan dan kondisi di sekeliling kendaraan atau mobilnya ketika mengemudi. 

Agar saat berkendara area blind spot bisa diminimalisir, berikut hal yang bisa dilakukan, antara lain :

Atur Kaca Spion
Saat sudah mengatur posisi duduk yang nyaman dan siap mengemudikan mobil, tidak ada salahnya juga mengatur kaca spion. Pengaturan posisi kaca spion luar kiri dan kanan yang ideal adalah jika pengemudi dapat melihat dengan jelas kondisi yang ada di belakangnya. Tidak hanya keadaan dan kondisi jalan atau kendaraan lain yang terlihat, tapi juga harus memperlihatkan setidaknya sepertiga dari bagian mobil yang dikendarainya. Dengan pengaturan seperti itu, pengemudi bisa meminimalisir titik buta atau blind spot.

Tambah blind spot mirror
Bila sudah mengatur kaca spion pada posisi yang pas saat mengemudi dirasa masih kurang mendapat pandangan yang luas ke belakang. Pengemudi dapat menambahkan blind spot mirror. Blind spot mirror ini biasanya cermin kecil cembung yang ditempelkan di kaca spion, sehingga blind spot di sekitar mobil bisa berkurang, dan pengemudi bisa melihat kondisi dengan jelas. Posisi yang tepat dalam memasang blind spot mirror ini adalah di sisi dalam bagian atas atau bawah kaca spion utama. Sementara posisi yang salah dalam memasang blind spot mirror adalah pada sisi luar bagian bawah kaca spion utama. Posisi tersebut justru dapat membuat banyak objek tidak terlihat melalui kaca spion utama.

Nah itulah tadi beberapa tips agar kamu bisa meminimalisir area blind spot, untuk menambah keamanan saat berkendara pengemudi atau pemilik mobil juga bisa menggunakan cara lain untuk mengurangi blind spot ini, seperti memakai kamera video, sehingga dapat melihat kondisi di belakang kendaraan lebih jelas.

0 komentar

Post a Comment