Wednesday, January 4, 2017

Cara Mengajarkan Anak Tentang Kedisiplinan

kedisiplinan anak

Sangat penting mengajarkan kedisiplinan kepada anak semenjeak dini, agar mereka bisa menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan lebih dewasa, seperti yang onpaui.com kutip dari liputan6 berikut.
Laurie Hollman, Ph.D, seorang penulis Unlocking Parental Intelligence mengatakan organisasi di dalam rumah akan membuat hidup Anda lebih baik. Anda akan mendapatkan rumah selalu dalam keadaan bersih. Selain itu, organisasi juga mendorong rasa tanggung jawab, perhatian, hubungan, dan aspek kehidupan positif lainnya.

Sedangkan menurut Tovah Klein, Ph.D, penulis dari How Toddlers Thrive mengatakan ketika anak-anak tahu apa yang mereka butuhkan dan di mana mencarinya, mereka akan menerapkan ke dalam diri mereka sendiri. Berikut beberapa kebiasaan efektif yang dapat Anda terapkan di keluarga untuk menghasilkan anak-anak yang terorganisir.

Peraturan nomor 1 : Menjaga hal-hal tetap rapi

Untuk anak kecil
Libatkan mereka saat Anda melakukan kegiatan bersih-bersih di rumah, dan buatlah hal tersebut sebagai hal yang menyenangkan. Sebagai contoh, buatlah permainan balapan untuk menaruh mainan mereka di tempat yang tepat. Ketika beranjak dewasa, mereka akan terbiasa melakukan hal ini dengan sendirinya.

Untuk anak yang lebih besar
Sediakan tempat-tempat untuk menaruh barang-barang secara rapi dan teratur, dan biarkan Anda melakukannya terlebih dahulu. Ketika anak melihat Anda melakukan hal ini secara terus menerus, ia tahu apa yang harus ia lakukan.

Peraturan nomor 2 : Tepat waktu

Untuk anak kecil
Anak-anak kecil tidak mengerti masalah waktu. Satu-satunya cara untuk mengajari mereka mengenai ketepatan waktu adalah melalui rutinitas. Anda dapat membiasakan anak setelah bangun pagi, mandi, sarapan, membaca buku, lalu tidur siang. Atau bermain, belajar, mandi sore, makan malam, lalu pergi tidur. Jika anak tumbuh dan terbiasa dengan jadwal teratur seperti ini, maka pembelajaran tentang ketepatan waktu akan datang dengan sendirinya.

Untuk anak yang lebih besar
Kuncinya di sini adalah jangan terbiasa untuk menunda-nunda. Menanamkan hal ini sebenarnya sesederhana membiasakan anak Anda untuk meletakkan pakaian yang habis ia pakai ke keranjang pakaian kotor sebelum pergi tidur.

Peraturan nomor 3 : Selesaikan apa yang sudah dimulai

Untuk anak kecil
Untuk memperkenalkan hal ini pada anak-anak, sebaiknya sedari kecil biasakan anak Anda untuk senang membaca buku. Dengan membaca sebuah buku, ia akan mengerti bahwa setiap cerita harus mempunyai awal, tengah, dan akhir. Demikian juga ketika ia memutuskan untuk bermain, ia harus menyelesaikan permainannya dengan meletakkan kembali mainannya di tempat semula.

Untuk anak yang lebih besar
Halangan terbesar bagi para remaja untuk menyelesaikan tugas sekolahnya adalah teknologi. Anda dapat menerapkan aturan mengenai penggunaan gadget di rumah atau memberlakukan hari bebas gadget. Tirk lainnya adalah buat satu ruangan di mana semua anggota keluarga yang sedang berada di dalam ruangan tidak boleh menggunakan gadget. Namun, sekali lagi, untuk membuat hal ini berhasil, Anda harus melakukannya kepada diri Anda sendiri terlebih dahulu.

0 komentar

Post a Comment